Pinterest dan Path | Situs Jejaring Sosial Terbaru


Kebutuhan berinteraksi langsung dengan jarak jauh di era modern ini ternyata dibarengi dengan tumbuh kembangnya media atau jejaring social. Berbagai macam jejaring social muncul dengan spesifikasi pelayanan dan kualitas yang berbeda-beda. Setelah gemparnya facebook sebagai jejaring social terheboh yang saat ini mencapai angka 300.000.000 pengguna, muncul beberapa nama media social lainnya yang berusaha memfasilitasi manusia dengan pelayanan khusus mereka. Baru-baru ini tepatnya pada bulan maret 2012 “PINTEREST” muncul sebagai salah satu jejaring social yang sedang naik daun di USA. Brian Cohen merupakan investor pertama media ini.  System yang digunakan hampir mirip dengan jejaring social “Twitter” yakni dengan menggunakan system “follow” dan “unfollow” dan juga fasilitas comment bagi penggunanya. Konsep yang diusung Pinterest yakni berdasarkan gambar yang dikoleksi oleh penggunanya dari web yang mereka sukai maupun yang mereka upload sndiri. Tidak mau kalah dengan jejeraing social lainnya, seperti facebook, Pinterest memberikan layanan bagi penggunanya untuk melakukan promosi iklan. Hal ini tentunya sangat bermafaat bagi para Blogger untuk mempromosikan tulisan mereka,



Selain Pinterest, satu lagi nama jejaring social lainnya yang secara diam-diam muncul untuk menyaingi facebook. Jejaring social yang didirikan oleh Dave Morin ini diberi nama “PATH”. Path muncul dengan keunikan tersendiri. Ia terkesan lbih ekslusif dibanding jenis jejaring social lainnya. Ekslusifitas Path terletak pada aturan pertemanan yang hanya memperbolehkan pengguna mengundang sebanyak 150 teman dan hanya dapat beroperasi pada Android dan iOS apple. Jumlah 150 dianggap jumlah yang ideal, sebab status pertemanan dalam jejaring ini merupakan “teman yang sebenarnya” atau keluarga penggunanya. Dari sini, path kemudian melemahkan jejaring social facebook yang system pertemanannya terlalu bebas. Melalui Path anda dapat melakukan sharing status, music, video dan bahkan memberitahukan tempat dimana anda berada sekarang atau kapan anda akan tidur. Sangat ekslusif namun sederhana tapi didukung dengan tampilan yang modern dan lebih ‘smooth’.





6 komentar:

  1. Wawh... amazing gan, nice info. skrg saya cuma pake facebook dan twitter aja, hehe bisa buat promosi blog atau cari backlink ngga ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo Path ane ga tau gan, klo Pinterest sih iya. Blh dicoba...hehe
      Thanks dah mampir...

      Hapus
  2. wizz menarik nieh kayanya
    patut dicoba.

    BalasHapus
  3. Ini paling beda, interfacenya sangat menarik.

    BalasHapus